Kerajinan Perak Kendari

This slideshow requires JavaScript.

Pusat kerajinan perak yang membuat beraneka jenis perhiasan di Kota Kendari ini oleh masyarakat setempat dikenal juga dengan sebutan “Kendari Werk”. Rata-rata aneka jenis perhiasan yang dibuat ialah aneka perhiasan yang biasa dipakai perempuan untuk menghadiri acara-acara adat masyarakat Sulawesi Tenggara.

Kerajinan perak Kendari sudah terkenal akan keindahan keanggunan dan kehalusannya. yang tidak kalah dengan beberapa pusat kerajinan perak di Indonesia misalnya . Di Jawa ada di Kotagede (Yogyakarta), Bangil (Jawa Timur), Celuk di Bali, Sumatra di Padang.

Konon motivasi kerajinan perak di Kendari ini diawali dengan mengamati seekor laba-laba sedang membuat sarangnya, dengan sebuah jarum dan benang perak mulailah dibuat segala bentuk hiasan ,  bingkai-bingkai perak dan mengisinya dengan jaringan benang perak yang halus. kemudian  perhiasan diciptakan berbentuk bunga anggrek, mawar atau bahkan sarang laba-laba. Juga bentuk-bentuk yang lebih besar, seperti kapal layar, Cerek dan lain sebagainya. Lokasi tepatnya di pusat Kota Kendari.
Kerajinan tersebut sudah berkembang semenjak Indonesia masih di bawah jajahan pemerintah kolonial. Para pengrajin perak generasi pertama yang mengembangkan usahanya di Kota Kendari, yang dipimpin oleh Jie A Woi, berasal dari Provinsi Kwang Tong, Cina. Jie A Woi mengembangkan usaha ini karena terinspirasi oleh seekor laba-laba yang sedang membuat sarangnya. Ia kemudian melakukan cara yang sama dalam menciptakan aneka jenis perhiasan perak.
Dalam perkembangannya, terutama setelah Indonesia merdeka, kerajinan perak yang ada di kota tersebut tidak menunjukkan perkembangan yang berarti, bahkan berindikasi pada kelesuan usaha. Saat ini, kerajinan perak tersebut lebih banyak berkembang di lingkungan Dewan Kerajinan Kendari saja, yang tetap setia menjaga kelestarian kerajinan perak. Hal itu dilakukan untuk menjaga aset daerah Sulawesi Tenggara tersebut tetap lestari dan tidak hilang ditelan zaman.

Hasil kerajinan perak Kota Kendari ini terkenal dengan keindahan, keanggunan, dan kehalusannya. Salah satu buktinya ialah pada masa sebelum Indonesia merdeka. Ketika itu, pesanan suvenir datang silih berganti ke pusat kerajinan tersebut, baik dari dalam maupun luar negeri. Pesanan terbaik yang pernah dikerjakan oleh pengrajin perak Kota Kendari di bawah komando Jie A Woi tersebut berupa kereta kencana yang dipesan oleh Ratu Inggris dan sebuah talam kue yang dipesan oleh Ratu Belanda. Atas karya Jie A Woi tersebut, Ratu Elizabeth (Inggris) dan Ratu Wilhelmina (Belanda) mengapresiasinya dengan mengirimkan piagam penghargaan pada pertengahan abad XIX.
Kerajinan perak Kota Kendari memiliki aneka motif perhiasan. Mulai dari aneka motif bunga berukuran kecil, seperti bunga anggrek, mawar, dan lain-lain yang dirangkai mengikuti alur dari sarang laba-laba, sampai aneka hasil kerajinan berukuran besar, seperti kapal layar, kereta kencana, pembuka surat, dan beraneka bentuk benda lainnya.

Incoming search terms:

  • cara membuat dan fungsi kerajinan gembol kendari
  • fungsi kerajinan gembol
  • kerajinan yg ada dikota kendari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>